Featured Works

Case Study Project Rehabilitas Daerah Aliran Sungai (DAS) di Bombana

Projects

Project Waste Management Pengolahan Limbah Ikan di Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau terluas di Indonesia dengan luasnya yang mencapai 1.100 Ha. Kondisi ini membuat danau Toba memiliki potensi perikanan yang luar biasa untuk di jadikan mata pencaharian. Berbanding lurus dengan produksi ikan yang mencapai puluhan ton, limbah ikan atau ikan yang mati (tidak layak konsumsi) mencapai tujuh ton perhari. Limbah ini memicu berbagai kondisi lingkungan yang ketidaknyamanan seperti bau, air yang kotor dan mengurangi estetika sebagai destinasi wisata. Indmira hadir melalui Japfa untuk memberdayakan masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pengolahan pupuk organic yang berbahan dasar ikan.

Learn More This Project

Project Rehabilitasi Pasca Tambang Bauksit & Revegetasi

Rehabilitasi dan revegetasi ini dilakukan pada lahan bekas tambang bauksit dilakukan di daerah Pontianak, Kalimantan Barat. Rehabilitasi pada lahan ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif bagi lingkungan karena kondisi pada lahan bekas tambang bauksit mengalami kerusakan. Tanah bekas tambang bauksit memiliki tekstur yang padat sehingga sukar diolah sehingga mempengaruhi perkembangan sistem perakaran dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Selain itu, kondisi tanah yang padat dapat menyebabkan buruknya sistem tata air dan aerasi (peredaran udara) yang mengakibatkan tanaman disekitar tidak dapat berkembang dengan normal, tumbuh kerdil, dan mati

Learn More This Project

Riset Project Rehabilitasi Pasca Tambang Timah untuk Pertanian

Project Reklamasi bekas lahan tambang bersama PT Refinet Bangka Tin (RBT), perusahaan tambang timah yang beroperasi di Bangka Belitung. Tujuan reklamasi ini untuk menghindari dampak lingkungan pasca tambang. Selain hal tersebut, reklamasi dilakukan agar lahan bekas tambang memberikan sumber penghasilan alternatif bagi masyarakat di masa depan. Kegiatan pengembalian lahan ini dilakukan melalui program reklamasi berkelanjutan bertajuk “Green For Good”. Kegiatan yang dilakukan dengan tujuan utama yaitu menanam tanaman hutan dan tanaman pangan yang bernilai ekonomis serta aman untuk dikonsumsi. Lahan tersebut ditanami dengan tanaman pangan yang sudah melalui uji coba penanaman dan uji keamanan seperti tanaman nanas, jagung, dan buah-buahan tidak mengandung logam berat.

Learn More This Project

Interested In Our Services? Let's Work Together